bakwan jagung

Weekend tiba.. It’s cooking time. hehehe,, sejak ada suami, jadi suka masakin buat dia. Kali ini nyoba resep bakwan jagung. Let’s try it!

Bahan:
2 buah jagung manis, serut
1 butir telur ayam
100gr tepung beras
50gr tepung terigu
1 batang daun bawang, iris
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

bumbu halus:
¼ sdt bawang putih bubuk
2 siung bawang merah
¼ sdt ketumbar
¼ sdt merica bubuk
garam secukupnya

Cara:
Haluskan bumbu halus
Campur jagung, telur, tepung, daun bawang, air, bumbu halus jadi satu.
Panaskan minyak goreng.
Ambil adonan 1 sdm, masukan ke minyak panas goreng hingga matang berwarna kekuningan kecoklatan.
Siap disajikan

Iklan

sayur bayam

Kayaknya hampir semua orang tahu resep membuat sayur bayam bening. Tapi ga ada salahnya kan aku posting ini, siapa tahu berguna buat yang baru belajar memasak, hehehe

Alat:
– pisau
– talenan
– panci
– sendok
– mangkuk saji
Bahan:
– 1 ikat bayam segar
– 300ml air (bisa dikira-kira secukupnya)
– 2 siung bawang merah, iris tipis
– garam secukupnya
– gula
– kaldu ayam
Cara membuat:
1. Masukkan air ke dalam panci, didihkan diatas kompor
2. Masukkan bawang merah, gula, garam, kaldu ayam
3. Masukkan bayam, masak sebentar saja sampai bayam layu
4. Sayur bayam siap dihidangkan

udang manis pedas

Aku dan suami suka banget seafood, salah satunya udang. Menu tambahan buat weekend ini, udang asam manis pedas. Actually, ini pertama kalinya aku masak menu ini. Tapi ternyata hasilnya OK juga, asiik, dapat pujian 😛 hehehe. Dengan mengintip beberapa resep yang akhirnya aku sesuaikan dengan seleraku sendiri, inilah hasil dan resepnya ^^ silakan kalau mau dicoba

Alat:
– pisau
– talenan
– wajan untuk menumis
– sendok wajan
– cobek dan ulegan
– piring saji
Bahan:
– 250gr udang segar
– minyak goreng secukupnya
– air secukupnya
– saus sambal secukupnya
Bumbu dihaluskan:
– 5 buah cabe merah besar
– 2 siung bawang merah
– 2 siung bawah putih
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh merica bubuk
Cara membuat:
1. Siapkan udang
– pisahkan bagian kepala udang
– cuci bersih, tiriskan
2. Haluskan bumbu yang dihaluskan, uleg sampai rata
3. Panaskan wajan diatas kompor, tuang minyak secukupnya
4. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai tercium bau harus
5. Masukkan air secukupnya, biarkan mendidih
6. Masukkan udang, masak sampai berubah warna dan air mengental
7. Udang siap dihidangkan

tumis pare

Ahiw, menu weekend pertama yang kumasak sejak berstatus baru menjadi istri. Ini menu requestan sang suami, jadi rada deg-degan bikinnya. Pare susah-susah gampang masaknya, masalahnya di rasa pahit dari getah pare yang harus dikurangi..

Dulu pernah posting tentang resepnya disini. Kali ini menu sederhananya. Here’s the recipe.. check it out, gals..
Alat:
– pisau
– talenan
– wajan untuk menumis
– sendok wajan
– cobek dan ulegan
– piring saji
Bahan:
– 1 buah pare ukuran sedang
– 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
– 2 buah cabe merah besar, bisa ditambahkan cabe rawit jika suka pedas. iris2
– 1 sendok makan garam
Bumbu dihaluskan:
– 2 siung bawang putih
– 2 siung bawang merah
– 3 buah cabe merah besar
– 1 sendok makan gula pasir
– garam secukupnya
Cara membuat:
1. Siapkan pare
– belah pare dan buang isinya, iris tipis2.
– tambahkan garam
– remas2 pare sampai 10 menit sampai air pare keluar
– Peras air yang keluar, kemudian cuci bersih pare
2. Haluskan bumbu yang dihaluskan, uleg sampai bumbu halus
3. Tumis bumbu dengan pare
– Nyalakan kompor, letakkan wajan diatasnya
– Tuang minyak ke atas wajan secukupnya
– Masukkan bumbu yang dihaluskan
– Masukkan cabe yang sudah diiris
– Tumis semua bumbu sampai tercium harum
– Setelah harum, masukkan pare
– Masak beberapa saat sampai pare matang
– Pare siap disajikan.

new life

New life,, yup, new life ^^ Hidup baru. Sekarang sedang menikmati masa pergantian status dari lajang menjadi menikah dengan seorang pria, hehehe,, kesannya misterius ya siapa orangnya 😛

Hmm.. Tepat tanggal 17 Mei 2012 kemarin, resmilah seorang aku menjadi istri dari seorang pria cerdas dan baik hati yang suka kupanggil Mas. Pria asal Kulonprogo yang dari tahun 2008 kukenal di sebuah perusahaan konsultan IT di Bandung tempat kami pernah bekerja.

24 Juli 2011 – 23 Oktober 2011 – 31 Desember 2011 – 22 Januari 2012 – 17 Mei 2012

Tanggal2 penting dalam hubungan kami,, semoga jadi pengingat mimpi, visi dan misi kami dalam membangun rumah tangga ini, mengharap ridho Illahi dalam setiap langkah kami

Mohon doa restunya ya ^^ hehehe

Menghitung Hari

“menghitung hari detik demi detik
masa kunanti apa kan ada
jalan cerita kisah yang panjang
menghitung hari”
-Krisdayanti-

Well.. Itu mungkin yang kulakukan sekarang. Ga kerasa sudah akhir April, dan Mei sebentar lagi. Antara ga sabar, deg-degan, takut, kuatir, senang,, ah, rasanya campur aduk.
Cuma bisa berharap,, semoga semuanya baik2 saja. Sayangilah hamba, ya Alloh..

TINDIHAN

Malam sudah larut, badan sudah capek banget minta diistirahatkan. Kurebahkan badan, kutarik selimut dan kututup mata. Mencoba tidur.

Zzzzz..

Tiba-tiba aku bermimpi buruk, aku tersentak dan tersadar, namun sekujur tubuh seakan kaku lumpuh, tak bisa kugerakkan, meski hanya sekedar ujung jari. Aku ketakutan, apa yang sebenarnya terjadi padaku? Ingin segera bangun dan tersadarkan dari tidur yang sadar ini. Tak sakit memang, tapi rasanya ada yang mengikat semua urat syaraf dan ototku. Kucoba segala cara untuk membuatku “terbebas” dari keadaan terikat ini. Mulai dari membaca istighfar, ayat-ayat dan surat dari Al Quran yang aku ketahui, sampai berusaha teriak kiranya ada orang yang mendengar teriakanku. Sampai akhirnya aku terbangun dari tidur yang sadar itu..

—-
Pernah mengalami hal seperti yang disebut diatas? Orang-orang menyebutnya tindihan, lindihen, irep-irep, atau ketindihan, silakan pilih yang manapun kamu suka, hehe. Berbagai mitos tindihan hingga saat ini masih terus dipelihara dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa ketika seseorang mengalami tindihan, pada saat itu ada mahluk halus alias hantu alias setan atau sejenisnya yang sedang “menindihnya” dari atas. Bahkan mitos tindihan ini semakin diperkuat berkat pengakuan dari orang-orang yang sering mengalami tindihan ini. Aneh tapi nyata.

Nah, ternyata ada penjelasan ilmiah mengenai mitos tindihan itu. Tindihan dikenal dengan sebutan sleep paralysis alias tidur lumpuh, dimana seseorang ketika tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak.

Sleep paralysis ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga hitungan menit. Namun hal yang menarik dari mitos ketindihan ini adalah saat ketindihan seseorang sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran kemudian fenomena ketindihan ini pun sering dikait-kaitkan dengan hal-hal mistis.

Menurut penelitian Al Chayne, sleep paralysis adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur yang terjadi di tahap REM (rapid eye movement). FYI, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam, dan tahap REM (pada tahap inilah mimpi terjadi). Ketika kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke tahap REM. Dan ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, ketika itulah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Meski belum ada catatan adanya kematian karena sleep paralysis, tapi kita perlu waspada karena sleep paralysis bisa menjadi pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Penyebab sleep paralysis yaitu lelah, stres dan ketidakteraturan waktu tidur (kurang ataupun kebanyakan tidur). Jadi, tips untuk mengatasi sleep paralysis antara lain:
– cukup tidur
– menjaga jadwal tidur agar selalu teratur
– posisi tidur miring dapat membantu
– mengurangi stres
– olahraga teratur (tapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur)
– jangan terlalu lelah, segera istirahat ketika merasa lelah
– berdoa sebelum tidur

Kesimpulannya:
Sleep paralysis terjadi saat ada masalah pada kualitas tidur, bukan hal yang berbahaya dan tidak berkaitan dengan hal mistis.

Sumber: http://doktersehat.com/pernahkan-mengalami-tindihan-saat-tidur/

ayo, membaca ^^

Membaca… Kapan terakhir kali aku membaca buku ya? Buku lho, bukan email, artikel di internet maupun majalah. Hmm,, *flashback*
Yah, dulu aku suka sekali membaca buku. Rasanya saat membaca, semua penat dan lelah terlebur dalam kisah yang disampaikannya. Teman cerita dan teman perjalanan yang baik, kalau ga ada temen ngobrol 😛 Sekaligus, obat tidur paling mujarab, apalagi kalau disodorinnya buku kuliah, heuheu.

Sekarang? Kayaknya perlu mengembalikan kebiasaan baik itu  Apalagi setelah membaca artikel menarik tentang manfaat membaca. Check it out, guys!

Membaca merupakan proses mental secara aktif.
Tidak seperti duduk di depan sebuah kotak idiot (TV, Plasystation, dll), membaca membuat kamu menggunakan otak kamu. Ketika membaca, kamu akan dipaksa untuk memikirkan banyak hal yang kamu belum mengetahuinya. Dalam proses ini, kamu akan menggunakan sel abu-abu otak kamu untuk berfikir dan menjadi semakin pintar.

Membaca akan meningkatkan kosakata kamu.
Kamu dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari suatu kata (yang belum kamu ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat. Buku, terutama yang menantang, akan menampakkan kepada kamu begitu banyak kata yang mungkin sebaliknya belum kamu ketahui.

Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus.
Kamu perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang kamu baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita. Oleh sebab kamu perlu berkonsentrasi untuk membaca. Seperti otot, kamu akan menjadi lebih baik di dalam berkonsentrasi.

Membangun kepercayaan diri.
Semakin banyak yang kamu baca, semakin banyak pengetahuan yang kamu dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena kamu adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari kamu untuk mencari suatu jawaban. Perasaan kamu terhadap diri kamu sendiri akan semakin baik. [Namun ingat, ikhlas tetap merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan, dan berhati-hatilah dari sikap merasa bangga diri. Bersyukurlah selalu kepada Allah atas secuil pengetahuan yang kamu miliki].

Meningkatkan memori.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika kamu tidak menggunakan memori kamu, kamu bisa kehilangannya. Teka-teki silang adalah salah satu contoh permainan kata yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Membaca, walaupun bukan sebuah permainan, akan membantu kamu meregangkan “otot” memori kamu dengan cara yang sama. Membaca itu memerlukan ingatan terhadap detail, fakta dan gambar pada suatu literatur, alur, tema atau karakter cerita.

Meningkatkan kedisplinan.
Mencari waktu untuk membaca adalah sesuatu yang kita sudah mengetahuinya untuk dilakukan. Namun, siapa yang membuat jadwal untuk membaca buku setiap harinya? Hanya sedikit sekali. Karena itulah, menambahkan aktivitas membaca buku ke dalam jadwal harian kamu dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.

Meningkatkan kreativitas.
Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri kamu terhadap ide dan informasi baru akan membantu perkembangan sisi kreatif otak kamu, karena otak kamu akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir kamu.

Mengurangi kebosanan.
Salah satu kebiasaan yang saya miliki adalah, apabila saya merasa bosan, maka saya akan mengambil buku dan mulai membacanya. Apa yang saya temukan dengan berpegang kepada kebiasaan ini adalah, saya menjadi semakin tertarik dengan suatu bahasan buku dan saya sudah tidak bosan lagi. Maksud saya, jika kamu merasa bosan, kamu akan merasa lebih baik dengan membaca buku yang bagus, bukan? Jika kamu ingin memecahkan rasa malas yang monoton, dan kehidupan yang tidak kreatif dan membosankan, maka pergi dan ambillah satu buku yang menarik. Bukalah halaman-halamannya dan jelajahi dunia baru yang penuh dengan informasi dan kecerdasan.

DR. Aidh bin Abdullah al-Qarni, MA dalam bukunya Laa Tahzan juga menyebutkan beberapa manfaat membaca, yaitu antara lain:
1. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan,
Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja,
3. Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata,
4. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir,
5. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan mengingkatkan memori dalam pemahaman,
6. Dengan sering membaca seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksana dan kecerdasan para sarjana,
7. Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya, baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya di dalam hidup,
8. Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku-buku yang bermanfaat, terutama buku-buku yang ditulis oleh penuli-penulis muslim yang saleh. buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkannya dari kejahatan,
9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya gara tidak sia-sia, dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat,
10. Lebih lanjut lagi, ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis di antara baris demi baris (memahami apa yang tersirat).

Tuh, membaca banyak manfaatnya kan. Selain menyehatkan fisik, membaca juga menyehatkan jiwa. Tahu kah kamu, sebenarnya, tradisi membaca adalah tradisi Islam loh. Ingat nggak apa wahyu pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw? Jawabnya tentu saja: Surat Al ‘Alaq : 1-5. Dikisahkan dengan dramatis, ketika Muhammad sedang berkhalwat di Gua Hira, datanglah seorang lelaki tak dikenal (yang kemudian diketahui bernama Malaikat Jibril). Tiba-tiba lelaki itu mendekapnya dan berkata: “Bacalah!”. Muhammad yang ummiy (tidak bisa baca tulis) tentu saja bingung, apa yang harus ia baca. Kejadian ini berulang beberapa kali sampai Muhammad dibayangi ketakutan, kecemasan dan kelelahan. Jibril pun akhirnya mengajarkan Muhammad bacaan itu sampai selesai.

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Seseorang bisa berkeliling dunia hanya dengan membaca. Meskipun jasadnya tidak benar-benar pergi ke luar negeri, tetapi dengan membaca sesorang seolah berada di suatu tempat yang ingin ia kunjungi. Membaca akan meluaskan wawasan dan pengetahuan. Membaca akan membuat sehat pikiran dan perasaan. Namun, membaca pun tidak selalu harus dari buku loh. Membaca tanda-tanda alam, membaca keadaan, membaca sifat dan kelakuan, dll. Membaca kehidupan, demikian kita menyebutnya. Orang bijak pernah berkata, jika makan dapat membuat seseorang kenyang, maka membaca akan membuat seseorang menjadi lebih bijaksana.

Ayo, membaca! *sambil nyanyi bacanya*

Sumber:
http://annida-online.com

Mimpi Terindah

*by Tofu,, dinyanyikan kembali by Uya Kuya dan Cinta Kuya

Melayang aku
Kau buatku terbang tinggi di awan
Terhanyut aku setiap kudengar syair cintamu

Nyatakah semua yang terjadi pada setiap hariku
Ku terhanyut
Saat kau berjanji

Dan kau wujudkan mimpi yang terindah
di setiap malam
Agar aku tersenyum
Terjaga dari tidurku
Dan kau jadikanku ratu di kerajaan cintamu
Agar aku pun bahagia
Duduk berdua denganmu selamanya

Ooh.. selamanya kau rasakan indah hari
dengan kasihku
Selalu tersenyum dirimu oh kasih cintaku
Selalu selamanya