Madu,, siapa yang tak kenal dengan makanan manis yang dihasilkan oleh lebah ini? Pemanis alami pertama sebelum dikenalnya gula, digunakan untuk pengobatan sehingga dikenal dengan sebutan Food of God, makanan para dewa. Selain rasanya yang enak, madu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menyembuhkan berbagai penyakit serta bisa juga digunakan untuk perawatan kecantikan.

Dalam agama Islam, madu merupakan salah satu minuman yang dimuliakan. Allah menjelaskan tentang lebah dan madu kepada kita sebagai berikut:

“Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl: 68-69]

Rasulullah SAW pun bersabda:

“Ambillah/ pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan Al Qur’an” (HR Ibnu Majah).

Sementara itu dalam sejarah farmakologi, manfaat atau khasiat dari madu memang sudah diketahui sejak lama. Sebelum tahun Masehi, madu sangat popular sebagai jenis minuman menyegarkan dan menyehatkan. Pada masa itu madu sudah banyak dimanfaatkan manusia sebagai minuman kesehatan, pengobatan berbagai penyakit, pengawetan mayat. Madu juga dianggap dapat memperpanjang umur manusia karena kalau dikonsumsi dalam kadar tertentu secara rutin menghasilkan kesehatan yang baik dan tetap awet muda.

Madu juga telah menjadi bagian dari tradisi Islam, Rasulullah Muhammad Saw sangat menyukai madu seperti hal¬nya beliau menyukai korma, sehingga mengkonsumsinya secara rutin. Itulah sebabnya disunnahkan bagi umat Islam yang berbuka puasa memulainya dengan madu, korma, atau sesuatu yang manis. Secara medis madu juga dapat sebagai antiseptik. Sehingga sangat baik bibir bayi yang baru dilahirkan diolesi madu untuk membunuh kuman-kuman yang mungkin ada pada bayi. Hasil penelitian kedokteran ternyata juga membuktikan bahwa bibir bayi yang diolesi madu ketika lahir dapat membunuh berbagai penyakit, kuman, serta kotoran yang dibawanya ketika proses persalinan berlangsung. Dalam hal ini madu berfungsi sebagai alat sterilisasi.

Ibnu Sina (890-1037), bapak kedokteran dunia dan pemikir muslim terkemuka merupakan tokoh kedokteran yang mengulas banyak mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran. Selama hidupnya, Ibnu Sina banyak mengkonsumsi madu sehingga awet muda dan berumur panjang. Madu, menurut Ibnu Sina, dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Madu juga dapat menurunkan suhu badan serta mengatur sekresi, sehingga dapat menghilangkan penyakit demam.

Mengenai kandungan dan nilai nutrisi madu, ada tabel hasil penelitian tentang madu.

Khasiat dan manfaat madu menurut uji klinis yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kekuatan fisik
  2. Mencerahkan mata, memutihkan dan menguatkan gigi
  3. Mencerdaskan otak orang dewasa dan anak-anak
  4. Menjadikan kulit lebih licin dan halus (awet muda)
  5. Madu dan sarang lebah madu merupakan bahan dasar kosmetik
  6. Mempercepat penyembuhan luka terbuka, melawan penyakit, dan meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Menghilangkan demam, batuk, meredakan urat syaraf, menstabilkan pernafasan, menguatkan jantung, mencegah kencing manis, darah tinggi
  8. Memperkuat janin
  9. Membantu menjaga stamina dan kesehatan ibu hamil
  10. Membantu perkembangan otak bayi
  11. Mengobati luka bakar karena kandungan anti proses peradangannya.
  12. Meningkatkan nafsu makan anak-anak dan membantu pertumbuhan anak
  13. Mengembalikan stamina karena kelelahan dan stres
  14. Makanan terbaik bagi manula karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh

Madu besar manfaatnya bagi kesehatan kita. Tunggu apalagi? Yuks, mariiii,, kita konsumsi madu.

sumber:
http://artikelislami.wordpress.com/2007/11/09/khasiat-madu
http://jurug.blogspot.com/2010/09/mengenal-manfaat-dan-khasiat-madu
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7327313