Belajar!!!!! Sharing sedikit ah mengenai teknik menghapal ^^

Buat kawan2 yang mengalami kesulitan dalam menghapal, teknik jembatan keledai bisa dicoba. Nah, apa itu jembatan keledai?? Simak ya ^^

Jembatan keledai adalah cara membuat sesuatu yang sulit diingat menjadi mudah diingat. Biasanya digunakan karena ingatan alami kita sulit menerima sesuatu yang kurang menarik. Ada dua cara yang biasa dipakai, cara pertama menyingkat sesuatu menjadi menarik dan mudah dihafal. Cara kedua adalah dengan menambahkan kata-kata sehingga menjadi rangkaian kata yang menarik.

Istilah jembatan keledai kemungkinan besar merupakan terjemahan dari bahasa Belanda Ezelsbruggetje (titian keledai) atau bahasa Latin pons asinorum (jembatan keledai).

Penggunaan jembatan keledai berdasarkan asumsi bahwa otak manusia terdiri dari dua jenis, ingatan “alami” dan ingatan “buatan.” Ingatan alami merupakan bakat sejak lahir dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan ingatan buatan dibangun dengan cara belajar dan bisa dilatih dengan menggunakan teknik jembatan keledai.

Jembatan keledai bisa digunakan untuk mengingat daftar yang panjang dan sulit diingat hanya dengan ingatan alami, misalnya dalam mengingat unsur kimia, anatomi, taksonomi, tata bahasa dan rumus matematika.

Buat praktek, kita coba pada penggolongan unsur kimia (dari Rahasia Otak Super), semoga bermanfaat ^^

1A (Alkali) : H- Li- Na – K – Rb- Cs – Fr = Hai LiNa Kau Rebut Calon Suami Fransiska

2A (Alkali Tanah) :  Be- Mg – Ca- Sr- Ba- Ra = Bemo Mogok Cari Serep Ban Radial

3A (Boron/Aluminium) : B- Al- Ga- In- Tl = Bung Ali Gagal Injak Telur

4A (Carbon) : C- Si- Ge- Sn- Pb =  Cewek Si Gendut Sedang Puber

5A (Nitrogen) : N- P- As- Sb- Bi = Nona Parni Asyik Sibuk Bisnis

6A (Khalkogen) : O- S- Se- Te- Po = Orang Sana Senang Tembak Polisi

7A (Halogen) : F- Cl- Br- I – At = Festival Celana Baru Itu Antik

8A (Gas Mulia) : He- Ne- Ar- Kr- Xe- Rn = Hebat Negara Arab Keren, Xero Rindu

Ciptakan Jembatan Keledaimu

Jembatan keledai ini sebenarnya sudah banyak digunakan untuk mempermudah menghafal rumus-rumus. Banyak diantara kalian yang sudah mencobanya, baik mencoba jembatan keledai buatan orang lain atau membuatnya sendiri. Yang terpenting, dengan ingatan buatan ini kita menjadi lebih senang menghafalkan rumus-rumus.

Jika menggunakan jembatan keledai orang lain kita cukup berhasil menghafal, mengapa tidak membuatnya sendiri? Yuk, ciptakan jembatan keledai!