Allah works in mysterius way. Tak pernah bisa diduga bagaimana jalan cerita hidup seseorang, berubah sesuai kepengaturan-NYA. Salah satu pesan yang kutangkap dari karya film dan novel islami yang mendasarinya karangan Habiburrahman El Shirazy dan disutradarai oleh beliau sendiri, “DALAM MIHRAB CINTA”

Novel

Judul Novel : Dalam Mihrab Cinta
Karya : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Basmala

Novel Dalam Mihrab Cinta terbagi dalam 3 cerita
1. Takbir Cinta Zahrana
Kisah pencarian cinta oleh seorang wanita bernama Zahrana, yang dulu menunda-nunda menikah. Dulu pinangan datang silih berganti, tapi dia selalu menolak karena alasan karir dan terlalu memilih. Saat sadar dia akhirnya mau menikah dengan siapa saja, asal dengan laki-laki yang bisa menjadi imam yang baik untuknya. Berbagai rintangan untuk menuju jenjang pernikahan dia lewati, terutama sejak dia menolak pinangan seorang dekan kampus yang berakhlak buruk.

2. Dalam Mihrab Cinta
Syamsul Hadi difitnah mencuri di pesantren sehingga dia diusir. Keluarganya pun kini mencampakkan Syamsul, hingga dia memutuskan untuk hidup menyendiri mengarungi beratnya kehidupan dunia. Dia sempat benar-benar menjadi seorang pencopet karena alasan perut. Tapi berkat pertolongan Allah, dia kembali ke jalan yang benar dan kebenaran terungkap dengan sendirinya pada waktu yang tepat.

3. Mahkota Cinta
Zulhadi, pemuda indonesia yang merantau ke Malaysia. Demi bisa melanjutkan kuliah ke jenjang S2, dia banting tulang bekerja siang dan malam. Sempat jatuh cinta membuatnya tidak semangat bekerja dan kuliah. Tapi berkat teman-teman satu kontrakannya yang begitu peduli padanya, dengan nasehat-nasehat mereka, akhirnya dia bisa keluar dari permasalahan tersebut, dan berhasil menyelesaikan kuliahnya.

Film

Pemain : Dude Harlino, Asmirandah, Meyda Sefira, Tsania Marwa, Boy Hamzah, El Manik, Ninik L. Karim, Elma Theana, Umar Libus, Neno Warisman, Iszur Muchtar, Berliana Febriyanti, Kaharudin Syah
Sutradara : Habiburrahman El Shirazy
Penulis : Adra P. Daniel

SINOPSIS:
Syamsul (Dude Harlino) pemuda 20 tahun-an bertekad menuntut ilmu di sebuah pesantren di Kediri, meninggalkan kehidupannya yang cukup nyaman. Disini ia bertemu dengan Zizi (Meyda Sefira) putri pemilik pesantren yang pernah ditolongnya ketika dijambret di kereta, yang kejadian tersebut membuat mereka jadi dekat.

Di pesantren ini Syamsul terusir karena dituduh mencuri akibat fitnah sahabatnya sendiri Burhan (Boy Hamzah). Kemudian karena keluarganya sendiri juga tidak mempercayainya, hingga benar-benar membuat Syamsul menjadi seorang pencopet.

Di tengah kekacauan dan kegelapan hidupnya ini Allah memberikan jalan baginya untuk bertobat dan mempertemukannya dengan Syilvie (Asmirandah) seorang gadis solehah. Hidup Syamsul mulai berubah 180 derajat sejak itu.

Lagu
OST film Dalam Mihrab Cinta dinyanyikan oleh Afgan dan diciptakan oleh Bebi Romeo. Let’s check the lyrics:

demi cinta ku pergi
tinggalkanmu relakanmu
untuk cinta tak pernah
ku sesali saat ini
ku alami ku lewati

reff:
suatu saat ku kan kembali
sungguh sebelum aku mati
dalam mihrab cinta ku berdoa semoga

suatu hari kau kan mengerti
siapa yang paling mencintai
dalam mihrab cinta ku berdoa padaNya

karena cinta ku ikhlaskan
segalanya kepadanya
untuk cinta tak pernah
ku sesali saat ini
ku alami ku lewati


suatu saat ku kan kembali
sungguh sebelum aku mati
dalam mihrab cinta ku berdoa semoga

suatu hari kau kan mengerti
siapa yang paling mencintai
dalam mihrab cinta ku berdoa padaNya
semoga semoga

sumber:
http://www.21cineplex.com
http://www.bukuislamonline.com
http://www.liriklaguindonesia.net