Banyak yang bilang film ini lucu ^^ hm, jadi penasaran. Aku penyuka film animasi, karena menurutku, film animasi dibuat dengan daya imajinasi dan skill yang sangatlah tinggi. Biasanya juga ada pesan moral tersendiri yang membedakannya dengan film-film biasa. Ok, here’s the review

Jenis Film : Animation
Produser : Lara Breay, Denise Nolan Cascino
Produksi : Dreamworks Animation
Pemain : Will Ferrell, Tina Fey, Justin Long, Jonah Hill, David Cross, Brad Pitt
Sutradara : Tom Mcgrath
Penulis : Alan J. Schoolcraft, Brent Simons
Homepage :http://www.megamind.com/
Durasi :90

Sinopsis (versiku):
Karena planetnya tersedot ke lubang hitam, dua bayi alien dikirim orang tua masing-masing ke Bumi. Seorang bayi mendarat di rumah mewah, penuh kasih sayang, yang kemudian tumbuh menjadi pahlawan super, Metro Man. Bayi yang lain mendarat di penjara untuk orang berbakat, tumbuh di tengah komunitas penjahat menjadikannya penjahat super dengan kecerdasan yang luar biasa, Megamind dengan sahabat setianya si ikan aneh, Minion. Megamind akhirnya menjadi musuh bebuyutan Metro Man, kejahatan yang menjadi musuh abadi kebaikan.

Pada suatu hari, di Metro City akan diresmikan museum yang didedikasikan untuk Metro Man, sang pahlawan super. Sebagai salah satu upaya Megamind untuk mengalahkan Metro Man, dia menculik teman dekat Metro Man, Roxanne Ritchi, untuk kemudian menjadikannya umpan agar Metro Man datang ke observatorium. Megamind merencanakan membunuh Metro Man dengan sinar kematian, yang ternyata berhasil karena lemahnya Metro Man akibat tembaga yang melapisi observatorium.

Megamind awalnya senang karena musuh utamanya telah berhasil dibunuh, tetapi hal itu tidak berlangsung lama. Lama kelamaan dia akhirnya merasa bosan dan depresi karena kehidupannya sebagai penjahat super tak berarti tanpa pahlawan super sebagai lawan, seakan kehilangan tujuan hidupnya. Hingga akhirnya dia berbincang dengan Roxanne saat berkunjung ke museum Metro Man dan menyamar menjadi Bernard, kurator museum, yang menginspirasinya untuk menciptakan pahlawan super baru dengan DNA Metro Man.
Tanpa sengaja, serum untuk menciptakan pahlawan super ditembakkan dan disuntikkan ke Hal, kamerawan yang jatuh cinta pada Roxanne. Dengan berbagai manipulasi, Megamind melatih Hal untuk menjadi pahlawan super, Titans. Pada saat yang sama, Megamind menjalin hubungan dengan Roxanne dengan menyamar menjadi Bernard, dan kemudian jatuh cinta yang membuatnya mulai berubah pikiran tentang menjadi penjahat. Minion akhirnya mengetahui hal tersebut pada saat Megamind hendak berkencan dengan Roxanne, terjadi pertengkaran yang membuat Minion akhirnya pergi. Kencan dengan Roxanne berantakan setelah jati dirinya terungkap, Megamind patah hati.

Titans yang juga menyukai Roxanne, menggunakan kekuatannya untuk menarik perhatian Roxanne, yang berakhir dengan penolakan. Hal itu membuatnya marah dan memutuskan menggunakan kekuatan supernya untuk kepentingan pribadinya, menjadi penjahat super. Mengetahui bahwa Megamind memanipulasi dirinya dan menjadi “Bernard”, Titans menjadi sangat marah dan ingin membunuh Megamind tanpa ragu.

Terjadi pertarungan, Megamind kalah, Titan menjadi penjahat super baru Metro City dan menteror kota dengan kekuatannya. Dalam pertarungan terjadi keanehan, tembaga yang menjadi kelemahan Metro Man tidak memiliki efek yang sama pada Titan. Timbul pertanyaan baru, mungkinkah Metro Man masih hidup. Setelah meyakinkan Roxanne untuk membantu, mereka menemukan bahwa Metro Man masih hidup di tempat persembunyiannya. Metro Man memalsukan kematiannya dan memutuskan pensiun untuk menjalani gairah hidup yang sebenarnya, musik. Meskipun telah dibujuk dengan berbagai alasan, Metro Man menolak kembali menjadi pahlawan super, dia berharap Megamind lah yang bisa.

Menyerah kalah, Megamind kembali ke penjara. Disana dia menyaksikan TV yang menayangkan Roxanne yang diculik Titan dan diikat ke puncak gedung pencakar langit, memohon Megamind untuk menjadi pahlawan. Dengan bantuan Minion, Megamind keluar dari penjara untuk menyelamatkan Roxanne.
Sebuah pertempuran sengit terjadi antara Megamind dan Titan, dengan berbagai taktik dan strategi. Megamind pada akhirnya berhasil mengalahkan Titan dengan menembakkan serum pembalik yang mengubah Titan menjadi Hal yang biasa. Pahlawan baru Metro City, Megamind, mengalami metamorfosis penyadaran dirinya yang awalnya penjahat super menjadi pahlawan super. Dengan pembuktian dirinya, dia berhasil melakukannya.

THE END

Hm,, apa ya nilai yang bisa dipetik dari film ini?? Fokus utama, keseimbangan, selalu ada 2 sisi itu di dunia ini. Menjadi baik atau jahat itu bukan ketentuan, tapi pilihan. Setiap orang bisa menjadi baik, begitu pula bisa menjadi jahat. Namun satu hal, saat satu frame sudah terbentuk, misalnya seseorang itu jahat, bukan hal mudah untuk mengubahnya menjadi baik. Namun satu hal yang masih kuyakini, semua orang itu pada dasarnya baik, hanya memerlukan penyadaran, hehehe.

Hal lain yang aku suka dari film ini adalah mengenai tujuan hidup. Terkadang tujuan hidup seseorang itu dipengaruhi oleh nafsu, ego, dan pemikiran sesaat, yang akhirnya hanya menimbulkan negatif. Coba kaitkan dengan seseorang yang hidup untuk harta dunia, saat dia dapatkan mungkin dia akan senang sesaat, namun akan hampa pada akhirnya, seperti yang dialami Megamind. Atau jika seseorang melakukan sesuatu untuk dilihat orang lain, saat dia tidak mendapatkan perhatian dari orang lain tersebut, rasa marah, dendam yang akan membakar dan menjadikannya berubah 180 derajat, seperti yang terjadi pada Hal alias Titan. Hm, rada kurang nyambung kalau aku hubungan dengan keIslaman kali ya. Tapi coba bandingkan dengan seseorang yang menjalani hidup dengan tujuan beribadah kepada Allah. Dilakukannya dengan ikhlas dan tawakal kepada Allah, sehingga saat mengalami apapun baik itu kesenangan maupun kesusahan, tidak akan banyak berefek pada kondisinya ^^ Wallahu’alam

Sosok yang aku suka di film ini bukan tokoh utamanya, Megamind, tetapi sahabatnya, Minion. Si ikan lebay ini merupakan sosok sahabat setia yang berusaha selalu ada untuk sahabatnya, mengingatkan saat dia salah, membantu saat dia susah, tertawa bersama dalam suka, menenangkan saat dia sedih. Hm,, dia lucu sih!!😛

Hm,, animasi emang selalu membuatku terkesan! ^^v