“Orang muda, kini giliranmu telah tiba untuk menerima anugerah sejarah. Rapatkan barisan, langkah tegap ke depan. Dengan karunia-Nya sepanjang jalur jejakmu. Impian demi impian akan terwujud. Julang panji, kibarkan bagi segala taufan karena di bahumu akan diletakkan fajar bagi cakrawala baru, bagi zaman yang besar”

Ukiran kalimat yang terpampang di dinding Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, diantara relief yang menggambarkan perjuangan rakyat. Sebuah karya indah yang patut menjadi kebanggaan ^^

Hari minggu kemarin, saya menyempatkan diri bersama sahabat untuk berkunjung ke salah satu inspirasi rakyat Jawa Barat, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Meskipun sering sekali ke daerah ini, tapi baru sekali ini saya menginjakkan kaki untuk melihat-lihat monumennya yang ternyata begitu mengagumkan. Sekali lagi, dengan kamera hp seadanya, saya mengambil gambar dari beberapa sudut monumen.

Monumen tampak depan, terlihat sangat gagah sekaligus anggun, dengan garuda di bagian atas. Monumen yang terletak di kawasan Jl Dipati Ukur ini, tepatnya di depan kampus Universitas Padjajaran, ramai dikunjungi oleh warga sore hari dan pada hari minggu untuk sekedar bersantai dengan keluarga, berolahraga di kawasan Gasibu, maupun belanja murah di pasarnya yang selalu padat dipenuhi warga.

Bangunan yang terlihat kokoh, menjulang ke langit. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini mulai dibangun sejak tahun 1990, dan diresmikan tahun 1995 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu.  Monumen ini menggambarkan perjuangan masyarakat demokratis non-hirarkis Jawa Barat. Letaknya yang tepat di pusat kota, dekat dengan kawasan pendidikan, sebetulnya sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai ruang publik.

Di sepanjang dinding monumen ini terdapat relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat menuju kemerdekaan, mulai dari Kerajaan Pasundan, Bandung Lautan Api, sampai ke pembuatan Waduk Jatiluhur. Salah satu relief yang satu ambil gambar adalah gambar tokoh yang memimpin pasukan dengan senjata tradisional melawan penjajah.

Tak banyak kenangan yang kubawa setelah berkunjung di monumen ini. Namun satu hal, semangat perjuangan pantang menyerah demi sebuah cita-cita, kemerdekaan, harus terus dikobarkan. Semoga monumen ini terus lestari, dan bermanfaat bagi anak bangsa Indonesia ^^