Huaaah! Sharty menggendut!!!

Dulu ga pernah panik saat melihat angka di timbangan badan karena berat badan selalu under-controlled meskipun makan sebanyak apapun. Mikirnya sih karena melabolisme –ku yang cepat, jadi makan apapun tak pernah berpengaruh sama badanku. But,, now,, owh no! my body is overweight, eventhough it’s only 8 ponds. Sebenarnya bukan masalah gendutnya yang kupikirin, tapi masalah kesehatan dan aktivitas yang keganggu yang nyebelin. Jadinya mudah capek,, dan gerakan tubuh ga bisa lincah dan enerjik,, yah selain pipi yang tambah membulat😛

Aku suka banget makan,, banget,, banget. Asal makanan itu enak dan halal, pantang ditolak, sebanyak apapun porsinya, hehe. Nafsu makanku emang “mengejutkan”,, temen2 bilangnya “kecil2 makannya banyak”. Kalau udah ngadepin makanan, rasanya ga tega kalau makanan itu ga abis, rasanya bersalah. Yah, jadi kepikiran aja sama orang2 yang kurang beruntung yang susah makannya. Masa udah diberi rezeki makanan, eh malah dibuang karena ga abis dimakan. Sayang!! (ini bisa dibilang pembelaan ga ya?? hihi)

Meskipun aku doyan banget makan, aku susah banget gemuk. Waktu kuliah aku pernah nyeletuk ke temen, “Kapan ya aku bisa gemuk?? Pengen dech sekali aja merasakan jadi gemuk?”. Yah, sejak kecil sampe aku kuliah, berat badanku kalau selalu dibawah berat proporsionalku, yang berarti aku kurus, sayangnya juga mungil, hihi. Entah kemana larinya semua makanan yang aku makan. Berat badan mulai naik sejak aku mulai mengerjakan tugas akhir, yah mungkin karena berkurangnya aktivitas fisik. Tapi itu juga belum sampe overweight kayak sekarang. Masalah overweight ini awalnya kucuekin, ga penting buat terlalu dipikirin dan dipermasalahin, yang penting SEHAT. Tapi jadi kepikiran setelah konsultasi gratis masalah berat badan beberapa waktu yang lalu. Kebetulan aja pas lagi jalan2, ada stand pemeriksaan dan konsultasi berat badan gratis, hehe, dimanfaatin aja biar ga penasaran. Saat itu aku ditimbang berat badannya kemudian diukur kadar lemak dalam tubuhnya pake alat. Naah, hasilnya aku kelebihan beberapa kilo dari berat ideal. Aku sempet shock karena udah naik beberapa kilo dalam 2 hari sejak aku terakhir menimbang badan. Trus, kadar lemak tubuh yang terlihat berlebih 5% dari yang dianjurkan, ini ga sehat kalau dibiarkan lama2. Alhamdulillah, lemak untuk organ dalam tubuh masih normal. Fiuuuh, jantung, paru-paru dan teman2nya masih aman. Tapi,, kalau berat badanku terus2an begini, bisa jadi masalah bagi kesehatanku.

Googling di internet, penyakit2 mudah menjangkiti orang2 yang obesitas, yah, terusan dari overweight kalau kebablasan. Mereka antara lain:
– diabetes
– penyakit jantung
– kanker
– gangguan pernafasan
– masalah pencernaan
– masalah empedu
dll

Jadi teringat ibu. Ibu mempunyai masalah kesehatan karena berat badannya. Beberapa macam penyakit pernah mempengaruhi kesehatan ibu, dan kebanyakan karena masalah lemak dan kolesterol yang ada dalam tubuhnya. Sekarang ibu masih berjuang menurunkan berat badannya agar lebih sehat, dan alhamdulillah sudah berangsur2 berkurang menuju normal. Belajar dari pengalaman ibu, ga mau kalau aku mengalami hal serupa. Aku ingin sehat, dan selalu sehat biar bisa selalu mengejar hari. Yuks! Mari jaga kesehatan dengan makan gizi seimbang secukupnya. Sunah rasulullah untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang dilaksanakan. Jangan lupa imbangi dengan olahraga secara teratur biar badan selalu fit😉