“Libur tlah tiba,,
Libur tlah tiba,,
Hore,,
Hore,,”

(by Tasya)

Rasanya senang ya, kalau sudah saatnya liburan. Bisa refreshing dan memanfaatkan waktu sesuai keinginan. Punya banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan2 yang susah dilakukan saat hari kerja, karena disibukkan dengan pekerjaan.

Nah, salah satu hal yang kulakukan liburan kali ini adalah,, memasak kue. Hal yang sudah lama tidak kulakukan. Terakhir masak kue tuh, saat lebaran kemarin. Akhirnya bisa kulakukan lagi saat liburan kali ini.

Kue yang kubuat kali ini adalah,, brownies kukus coklat. Hm,, yummy dech.. Dapat resep rekomendasi teman yang juga hobi memasak kue. Resepnya mantap lho. Katanya sih rasa kue yang berhasil dibuat temanku berdasarkan resep itu ga jauh beda dengan rasa kue brownies kukus Amanda. Tau kan,, brownies kukus terkenal dari Bandung itu. One of my favorite cake.. Rasa coklatnya coklat banget😛 Yah, dengan modifikasi sedikit berdasarkan kesukaan.

Nah, mau tau gimana caranya? Caranya gampang kok, intinya sih memasukkan, mengaduk, mencampur (hehehehe,, perasaan semua masakan gitu kan?)

Yang pertama dilakukan, menyiapkan alat, yaitu:
Panci kukus (plus pengukus dan tutupnya)
Mangkok alumunium atau panci tim kecil
Mixer + pengaduk (kalo ada yang ada “dudukan”nya, biar ga perlu dipegangin)
Mangkok adonan
Kompor gas sama gasnya (tau lah buat apa😛, hehehehe)
Loyang ukuran 20 cm x 30 cm x 10 cm (ukuran terserah, asal bisa masuk ke panci :P)
Sendok (untuk memasukkan bahan dan mengaduk)

Setelah alat siap, saatnya menyiapkan bahan2 brownies kukusnya. Bahan2 ini bisa dengan mudah didapatkan, baik di supermarket maupun di pasar tradisional. Bahan2nya yaitu:
Telur 4 butir
Gula 250 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Baking powder ½ sendok teh
Terigu 125 gram (ayak, supaya tidak ada gumpalan)
Coklat bubuk 50 gram (ayak, supaya tidak ada gumpalan)
Minyak 100 ml
Dark cooking coklat 100 gram (bisa juga menggunakan coklat compound dark)
Susu kental manis 75 ml
Keju cheddar (buat topping, kalau suka)
Air untuk mengukus secukupnya

Alat ok, bahan ok,, next,, membuat adonan.
• Panaskan air dalam panci.
• Buat lelehan coklat dengan cara tim: Potong2 tipis dark cooking coklat. Masukkan ke dalam mangkok alumunium. Masukkan mangkok ke dalam air dalam panci yang dipanaskan di atas api. Biarkan sampai meleleh.
• Tambahkan minyak pada lelehan cokat yang sudah menjadi hangat.
• Buat campuran tepung: Campur terigu dengan coklat bubuk yang sudah diayak, aduk merata.
• Kocok telur dan gula hingga mengembang
• Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung ke dalam kocokan telur dan gula. Aduk perlahan hingga rata.
• Masukkan campuran minyak dan coklat leleh, aduk hingga rata.
• Bagi adonan menjadi 3 bagian: bagian 1, bagian 2, bagian 3.
• Untuk lapisan manis: Tambahkan susu kental manis pada adonan bagian 2, aduk rata.
Catatan: Adonan yang bagus kalau agak encer, tidak terlalu pekat.

Saat adonan jadi, selanjutnya dimasak dengan cara mengukusnya sampai menjadi kue yang siap makan..
• Panaskan air dalam panci, pasang alat pengukusnya.
• Siapkan loyang, olesi dengan minyak agar kue nanti tidak lengket.
• Masukkan adonan bagian 1 ke dalam loyang, ratakan
• Kukus adonan 1 selama 10 menit
• Setelah 10 menit, tambahkan adonan bagian 2 (lapisan manis). Kukus lagi selama 10 menit.
• Setelah 10 menit, tambahkan adonan bagian 3. Kukus lagi selama 20 menit (sampai kue matang)
• Untuk mengecek apakah kue sudah matang, cek dengan menusuk kue. Jika sudah tidak ada “adonan” yang menempel, maka kue sudah matang.
• Angkat.
• Hias dengan keju cheddar yang diparut di atas kue sebagai topping
• Kue siap disajikan
Catatan: sebagai topping, bisa juga menggunakan dark cooking coklat plus mentega yang dilelehkan

Hasilnya :

Kalau mo nyoba,, silakan2! Gampang kok. Asal mau meluangkan waktu untuk melakukannya. Insya Allah, asal mengikuti resep, hasilnya memuaskan kok. Itu juga kalo percaya dengan resep ini, hehehehe,,

Testimonial dari sodara sepupu : “Enak, mbak. Nanti buatkan saat ulang tahunku ya.” Hehehehe, lumayan, udah dapat “konsumen”. Sapa tahu ini bisa dibisniskan suatu saat, hehehehe..

Liburan mendatang, nyoba resep apa lagi ya?? Hmm,,