Nikmatnya jahe

Jahe mempunyai nama latin Zingiber officinale. Siapa tidak mengenal jahe? Tanaman rempah ini sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan/minuman, bumbu dan obat tradisional. Salah satunya adalah untuk wedang jahe.

Wedang jahe merupakan minuman hangat sehat yang mudah pembuatannya. Berikut resep sederhana wedang jahe.

Bahan:
10 cm Jahe segar
500 ml Air
150gr Gula merah (atau bisa diganti dengan gula pasir)
1 lembar Daun pandan

Cara membuat:
Panggang jahe diatas bara api hingga kecoklatan, angkat, kupas kulitnya dan memarkan
Rebus jahe dan bahan lainnya bersama air
Masak sampai mendidih, angkat
Saring, sajikan wedang jahe selagi panas.

Mudah kan? Kalau mau, bisa ditambahkan susu dan jadilah susu jahe

Selain untuk menghangatkan badan, jahe mempunyai beberapa khasiat, yaitu antara lain :
– Meringankan pencernaan
Jahe memiliki enzim yang membantu proses pencernaan, juga berfungsi membersihkan usus besar, meningkatkan produksi cairan pencernaan, dan memudahkan buang air besar.
– Mengobati morning sickness
Rasa mual, perut kembung, dan ingin muntah di pagi hari, termasuk pada wanita hamil, dapat disembuhkan dengan ramuan jahe.
– Mengobati masuk angin dan batuk
Sifat antivirus, antijamur dan antitoksin jahe membantu mengobati batuk dan masuk angin. Jahe juga bermanfaat mencegah dan mengobati flu kala dingin/musim hujan.
– Mencegah sakit gigi
Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata bisa dicegah dengan kebiasaan minum air jahe. Ini karena jahe memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri.
-Menurunkan kadar kolesterol
Jahe terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, selain bersifat membersihkan darah. Sehingga dapat mencegah serangan jantung dan pembekuan darah
-Meredakan sakit perut
Jahe merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut, seperti diare. Sebab jahe bersifat analgesik dan menenangkan
-Mencegah beberapa jenis kanker
Jahe yang diekstrak ampuh menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker
-Meredakan bengkak dan rasa perih
Sari jahe, dalam dunia medis disertakan dalam obat penghilang rasa sakit, luka dan infeksi. Jahe juga memiliki sifat ant inflamasi hingga efektif mengurangi rasa sakit rematik.
-Menyembuhkan migrain
Jahe menghentikan prostaglandin, faktor penyebab sakit kepala, sehingga jahe mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain.
-Mencegah siklus menstruasi tak teratur
Jahe memberi manfaat keteraturan siklus menstruasi bagi wanita
(Suaramerdeka.com)

Dago Tea House

Alamat:Jl. Bukit Dago Utara No 53 A Bandung

Taman Budaya Dago Tea House

Taman Budaya Dago Tea House

Dago Tea House, yang juga dikenal sebagai Dago Thee Huis pada jaman penjajahan Belanda, adalah sebuah tempat nyaman yang terletak di daerah perbukitan di Bandung utara, dimana suhu udara jauh lebih sejuk dan pemandangannya lebih hijau dibanding bagian kota yang lain. Ketika saya masih kuliah di Bandung di awal tahun delapan puluhan, bangunan Dago Tea House masih dikelilingi oleh area terbuka yang luas dengan tempat duduk di bawah payung-payung besar yang menebar di sekitar lokasi, dinaungi oleh beberapa pohon tinggi yang sangat rimbun.

Menikmati suasana diantara rindangnya pohon

Menikmati suasana diantara rindangnya pohon

Dago Tea House telah mengalami beberapa kali renovasi besar menjadi seperti sekarang, dengan ruang terbuka yang lebih terbatas tetapi lebih banyak fasilitas yang dibangun sebagai kompensasinya.
Di tempat ini pada setiap Sabtu malam ditampilkan pagelaran berbagai seni budaya Sunda, seperti Jaipong, karawitan, angklung, pantun bubun, sandiwara, tembang sunda, wayang golek, dan lain-lain. Pada bagian atas teater Dago Tea House terdapat restoran yang cukup nyaman dimana anda bisa menyantap makanan sambil menikmati tontonan dan menghirup udara segar pegunungan Bandung utara.

Teater terbuka Dago Tea House

Teater terbuka Dago Tea House

Taman Lalu Lintas AISN Bandung

Alamat: Jl. Belitung No 1, Bandung
Lokasinya tak jauh dari Bandung Indah Plaza, Jl. Merdeka dan kawasan Factory Outlet , Jl. LLRE Martadinata (Riau).
Rute angkutan kota yang melewati Taman Lalu Lintas, diantaranya: Abdul Muis – Dago, Abdul Muis – Ledeng, atau Antapani – Ciroyom.
Harga tiket masuk Rp. 4000,00 sd Rp. 5000,00 per orang.

Taman Lalu Lintas AISN Bandung

Taman Lalu Lintas AISN Bandung

 

Suasana di dalam taman

Suasana di dalam taman

 

Suasana di taman

Suasana di taman

 

 

 

 

Masjid Al ‘Imtijaz

Alamat: Jalan Banceuy

Inilah bangunan di kota Bandung yang merupakan Masjid etnis Tionghoa lainnya. Masjid yang dibangun sekitar akhir tahun 2010 ini bernama mesjid Al ‘Imtijaz. Masjid mampu menampung hingga 200 jamaah. Salah satu ciri khas Tionghoa-nya yaitu adanya dua buah lampion yang tergantung di pintu masuk.

MI 1MI 2

 

It’s been a while

Hi, blog.

It’s been a while i haven’t visit you. There’s so many things that have been happened in my life, and i kinda miss you, hehe. To you, i can write anything, my question of life. And i’ll continue doing that..
Just wait and see😉

By the way, i have just changed your theme. I hope you like it. I think black and clean suit you, it make you look brighter. Don’t you agree?😀

Ok, then. See you, blog. Muach..

Ke_Gugur_an

telur-pecahSharing story.. Setelah 2 bulan menikah, bulan Juli kemarin, akhirnya aku telat datang bulan. Setelah melakukan tes dan konfirmasi ke dokter kandungan, aku dinyatakan hamil, 1 bulan. Yey! Masih penasaran kenapa usia kehamilan dihitung dari terakhir datang bulan. Katanya sih untuk memperkirakan waktu kelahiran biar ga kecolongan. Lagian masuk akal juga sih, sel telur kan mulai dihasilkan setelah datang bulan selesai. Siapa yang bisa tahu kapan sel telur ketemu sama sel sperma?
Yah, mulai rajinlah aku mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi kehamilan. Bener-bener diwanti-wanti biar ga kecapean atau semacamnya. Ikhtiar kan namanya, biar si calon adek bayi sehat di dalam rahim. Tapi, ternyata takdir berkata lain. Di usia kehamilanku yang menginjak 2 bulan, aku mengalami pendarahan, aku keguguran, harus dilakukan tindakan kuret untuk membersihkan rahimku. 
Sad story,, tapi jadi belajar. Alloh Maha Pengatur sudah berkehendak menunda aku menimang adek bayi. Semoga secepatnya dapat pengganti, mohon doanya ya, temans

Buat temen2 yang lagi hamil, atau sedang ikhtiar hamil seperti aku, artikel tentang keguguran berikut baiknya disimak. Sambil banyak2 berdoa semoga tidak mengalami keguguran  amit-amit


Keguguran diartikan sebagai keluarnya janin atau persalinan prematur sebelum mampu untuk hidup. Risiko keguguran memiliki persentase sebesar 15% – 40% dari ibu hamil, dan 60-75% keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 3 bulan. Namun jumlah kejadian atau resiko keguguran akan menurun pada usia kehamilan di atas 3 bulan.

Tanda-Tanda Keguguran
Sebelum keguguran benar-benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda yang menunjukkan adanya sesuatu yang tidak betul pada proses kehamilan. Tanda-tanda terjadinya keguguran yaitu:

  • Pendarahan

Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan yang terjadi bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat. Kadang-kadang terdapat bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.

  • Kram atau Kejang Perut

Tanda ini rasanya mirip seperti kram perut pada awal datang bulan. Biasanya kram ini berlangsung berulang-ulang dalam periode waktu yang lama. Kram atau kejang juga dapat terjadi di daerah panggul

  • Nyeri Pada Bagian Bawah Perut

Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.

  • Sakit Punggung

Saat kram perut Anda bisa juga merasakan sakit punggung. Hati-hati terutama jika terdapat pendarahan di saat bersamaan.

  • Keluar cairan dari vagina.

Hal ini dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Terkadang dikira celana basah karena mengompol, namun itu bukanlah urin. Cairan yang keluar juga bisa berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan.
Kehilangan gejala hamil. Setelah beberapa minggu mengalami mual, tiba-tiba merasa baik-baik saja. Hal ini berarti telah terjadi keseimbangan hormon. Jika mengalami hal ini bersamaan dengan gejala lain, bisa berarti pertanda keguguran.

Hasil testpack berubah. Beberapa waktu lalu hasil tes hamil di rumah menunjukkan hasil positif. Namun hari ini ketika Anda melakukan tes dengan alat sama, hasilnya minus. Segera cek ke dokter.

Penyebab Keguguran
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keguguran antara lain:

  • Kelainan kromosom

Bryan Cowan, MD, ketua departemen obstetri dan ginekologi University of Mississippi Medical Center di Jackson menuturkan kelainan atau ketidakcocokan kromosom ini jadi penyebab setidaknya 60 persen kasus keguguran. Kondisi ini disebabkan adanya kerusakan pada sel telur atau sperma sehingga kromosom tidak dicetak dengan benar. Kelainan kromoson berpengaruh saat berlangsungnya proses pembuahan. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.

  • Kelainan pada ibu

Seperti kelainan pada sistem hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.

  • Kelainan pada rahim

Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.

  • Infeksi virus dan bakteri

Beberapa virus bakteri bisa meningkatkan risiko keguguran seperti mycoplasma hominis dan ureaplasma urealyticum yang hidup dalam saluran alat kelamin laki-laki dan perempuan sehat. Pada perempuan, infeksi bakteri ini membuat endometrium (lapisan rahim) meradang sehingga sulit bagi embrio untuk berkembang.

  • Gaya hidup.

Wanita yang cenderung merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Tindakan pencegahan keguguran

  • Menjaga kesehatan tubuh dan bergaya hidup sehat.
  • Segera periksa ke dokter jika mengalami pendarahan, meskipun itu hanya bercak darah. Sedikit atau banyak, pendarahan ini harus segera ditangani.
  • Biasanya dokter akan melakukan tindakan pencegahan agar jangan sampai janin keluar. Antara lain dengan istirahat total (bedrest), disertai dengan obat penguat janin.
  • Dokter akan memastikan janin masih ada atau tidak, masih bisa diselamatkan atau harus dilakukan tindakan pengguguran.

Sumber:
http://www.ibujempol.com/penyebab-tanda-tanda-keguguran/
http://www.parenting.co.id/article/hamil/6.gejala.ini.bisa.jadi.tanda.keguguran/001/001/87
http://bidanku.com/index.php?/penyebab-dan-tanda-tanda-keguguran

soto ayam

Menu ayam kedua,, SOTO AYAM. Resep soto yang ini ngikutin resepnya ibu, lagi kangen sama masakan beliau. Ini pertama kalinya masak soto ayam sendiri, jadi kayaknya perlu dicoba lagi deh biar rasanya makin mantap. Kata suami sih, rasanya kebanyakan kemiri dan bawang putih, but overall, rasanya enak, apalagi setelah ditambahin sambal dan kecap.. slurp!

Bahan
¼ kg ayam kampung
½ liter kaldu ayam
50 gram tauge, rebus sebentar
3 butir telur ayam, rebus, belah dua
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, memarkan
1 batang daun bawang, iris halus
3 batang seledri, iris halus
Minyak goreng secukupnya

Bumbu, haluskan:
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
½ sdt merica
1 sdt gula pasir
2 cm jahe
Garam secukupnya

Cara membuat
Rebus ayam dalam air mendidih sampai matang. Angkat, suwir-suwir.
Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas ke dalam minyak goreng panas di atas api sedang. Aduk sampai tercium bau harum
Masukkan air kaldunya. Biarkan mendidih
Atur tauge, telur rebus, dan ayam suwir di dalam mangkuk.
Taburi daun bawang dan seledri.
Siram dengan kuah soto yang masih panas.
Siap disajikan dengan sambal dan kecap

 

Pelengkap makan soto, sambal ^^ Rasanya tak ada sambal, soto ga akan enak dan mantap. Membuat sambal cukup mudah…

Bahan:
5 buah cabe rawit
minyak goreng secukupnya
garam secukupnya

Cara membuat:
masukkan cabe ke dalam minyak goreng panas, sebentar saja sampai cabe layu
haluskan cabe, tambahkan garam secukupnya
sambal siap digunakan untuk pelengkap soto

Opor Ayam

Menu utama minggu ini, AYAM! hehehe,, Resep pertama adalah Opor Ayam. Resep ini lagi2 requestan suami, hehehe, senang kayaknya dia mengetes kemampuan masak istri :p Aku pribadi suka banget sama opor ayam, rasanya yang manis gurih dengan kuah santannya, membuat makan dengan nasi hangat menjadi nikmat.

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.
Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng ati.
Sumber: Wikipedia

Biasanya sih, bikin opor ayam pake bumbu jadi yang dijual dipasar, tapi bukan bumbu instan lho ya. Kali ini, pengen nyoba pake bumbu yang dibuat sendiri dengan mencampur bahan2. Kalau yang mau nyoba, baca resep berikut ya ^^

BAHAN:
½ kg ayam bagian paha, potong-potong
½ butir kelapa parut, peras menjadi 200ml santan kental dan 1L santan encer
Minyak goreng secukupnya
1 batang sereh, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam

Bumbu, haluskan:
1 sdt ketumbar
5 siung bawang merah
1 cm kencur
2 sdm gula merah sisir
1 sdt merica bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
2 sdt garam
¼ sdt kunyit bubuk

CARA MEMBUAT:
Goreng ayam dalam minyak panas sampai berwarna kekuningan, angkat.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas, dan daun salam, aduk hingga tercium bau harum.
Masukkan santan encer, masak sampai air mendidih
Masukkan potongan ayam, tunggu sampai ayam empuk dan air berkurang
Tambahkan santan kental, aduk sesekali sampai mendidih.
Siap disajikan.

emping goreng

Emping dari melinjo rasanya rada pahit. Aku pribadi ga suka rasa pahit yang kentara, makanya suka disamarkan dengan rasa gurih, dengan menambahkan margarin pada minyak gorengnya. Bagi yang suka, bisa juga menambahkan bawang putih dan garam.

Bahan :
1 ons emping siap goreng
Minyak goreng secukupnya
2 sdm margarin

Cara menggoreng :
Panaskan minyak goreng sampai mendidih, agar emping tidak bantat
Kecilkan api, suhu yang terlalu panas membuat emping mudah gosong
Masukkan emping, usahakan tercelup minyak goreng
Goreng emping sampai mengembang
Tunggu beberapa detik terus angkat
Letakkan pada wadah terbuka yang dilapisi kertas yang menyerap minyak
Tunggu dingin untuk disajikan