gamelanku.. kecintaanku ^^

entah apa ada hubungannya dengan aku yang orang Jawa, aku cinta banget sama gamelan jawa. ^^ hehe, emang aku suka sekali dengan seni. dulu waktu kuliah suka banget memainkan saron, salah satu instrumen gamelan jawa. musiknya nyaring, mudah dimainkan, dan pastinya seru. sekarang kangen banget memainkannya lagi.

ehem,, sedikit pengenalan tentang gamelan jawa aaah.. simak ya ^^

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa “gamel” yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran “an” yang menjadikannya sebagai kata benda.  Sedangkan istilah gamelan mempunyai arti sebagai satu kesatuan alat musik yang dimainkan bersama. Musik yang dihasilkannya dinamanakan karawitan, yang berasal dari kata rawit yang artinya rumit, kecil. Irama musik yang lembut dan mencerminkan keselarasan hidup orang Jawa yang menyapa dan menenangkan jiwa begitu didengar.

Gamelan Jawa terdiri atas beberapa instrumen. Komponen utama instrumen gamelan adalah: bambu, logam, dan kayu. Masing-masing instrumen memiliki fungsi tersendiri dalam pagelaran musik gamelan.

Instrumen dasar terdiri dari :

Kendhang
Dalam gamelan, kendhang-lah pengendali permainan. Semua instrumen mengikuti perintah kendhang. Kalau kendhang cepat, irama cepat, kalau kendhang melambat, irama lambat, kalau kendhang meminta dipukul keras,  irama keras/soran, kalau kendhang meminta dipukul lirih, irama lirih.

Bonang
Terdiri dari bonang barung dan bonang penerus, yang bekerjasama menciptakan irama dan ketukan. Perintah permulaan lagu biasanya di”selaras”kan dengan bonang. Oiya, bonang tuh yang bentuknya bulat2 banyak dengan tonjolan di tengahnya.

Kenong & Kethuk
Mirip dengan bonang. Bentuknya bulat2 dengan tonjolan di tengahnya, namun ukurannya lebih besar dari bonang. Ketukan permainan gamelan ditentukan olehnya.

Demung
Termasuk keluarga balungan atau bilah. Demung adalah instrumen gamelan bilah yang bilahnya paling besar dan lebar. Iramanya sangat keras

Saron
Bisa dibilang adiknya demung, dari keluarga balungan. Saron adalah instrumen gamelan bilah yang ukurannya lebih kecil dari demung. Aku suka instrumen yang ini karena mudah memainkannya, dan “eksis”, hehehe

Peking
Anggota keluarga balungan paling kecil. Suaranya nyaring banget. Memainkannya cepat, instrumen 1 ketukan, dia dipukul 2 kali, dobel.

Gong
Kayaknya kalau menyebut instrumen satu ini semua orang udah tahu, hehe. Yak, gong yang bunyinya menggelegar. Bentuknya yang bulat dengan tonjolan di tengah, ukurannya besar, biasanya dibiarkan menggantung. Gong adalah penanda akhir “baris” lagu.


Instrumen lanjut terdiri dari :

Slenthem
Bilah yang dimiliki lebar namun tipis, disatukan dengan tali. Instrumen yang satu ini bersuara “dalam”, para pemain gamelan diharuskan bisa mendengarkan suara slenthem pada saat dipukul lirih.

Gender
Bilah logam yang cukup “menantang” untuk dimainkan karena tingkat kesulitannya. Alat musik lanjut ini yang dijadikan sebagai acuan para sindhen alias penyanyi.

Gambang
Bilah gambang bukan dari logam, tetapi dari kayu. Bentuknya panjang2 dan cukup banyak.. Penasaran buat memainkan alat musik satu ini, suaranya khas, mungkin karena bahan bakunya yang membuat bunyinya terkesan berbeda.

Rebab
Gamelan yang dibunyikannya dengan digesek, rada mirip biola.

Siter
Siter dimainkan dengan cara dipetik, sejenis gitar tetapi memiliki senar yang lebih banyak.

Suling
Kayaknya semua orang tahu apa itu suling kan? Yak, suling adalah alat musik tiup yang biasanya terbuat dari bambu.

Gamelan Jawa dapat dibedakan menjadi dua laras (tangga nada / titi nada), yaitu Slendro dan Pelog. Slendro memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 5 6. Pelog memiliki 7 (tujuh) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 6 7. Pembagian dua laras ini disesuaikan dengan lagu yang akan dimainkan.

Hmmmm,,, Mengenal budaya sendiri itu membuat pengetahuan makin beragam ^^ I love Indonesian culture

Foto: private collection.. Gamelan Ireng milik PSTK ITB

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s